Gambar Panduan Radioterapi (IGRT)

Apakah IGRT ?

IGRT adalah singkatan dari gambar panduan radiotherapi.


Image Guided Radiotherapy ( Gambar Panduan Radioterapi)

Sekitar 40% dari penderita kanker memiliki radioterapi sebagai bagian dari pengobatan mereka. Sementara sel-sel kanker yang merusak, radiasi juga dapat mempengaruhi jaringan sel-sel sehat di sekitarnya jika mereka tidak diarahkan dengan tingkat akurasi yang tinggi dan teliti.

Secara tradisional, teknologi pencitraan telah digunakan untuk menghasilkan scan tiga - dimensi dari anatomi pasien untuk mengidentifikasi lokasi yang tepat dari tumor kanker terserbut sebelum pengobatan. Namun, kesulitan muncul ketika mencoba untuk mengelola radiasi, karena tumor kanker terus-menerus bergerak di dalam tubuh (misalnya gerakan yang disebabkan oleh pernapasan). Oleh karena itu, lokasi yang tepat dari tumor mungkin telah berubah antara waktu dari scan dan pengobatan yang sebenarnya.

Gambar Panduan Radioterapi (IGRT) menggunakan USG, pencitraan portal elektronik, atau teknologi CT untuk memverifikasi lokasi tumor sebelum pengobatan setiap hari. Jaringan tumor bisa bergerak baik selama sesi pengobatan radiasi dan dari satu sesi perawatan ke yang lain sebagai contohnya akibat dari tindakan organ internal normal (pencernaan, eliminasi dan pernapasan) dan perbedaan kecil dalam cara pasien diposisikan pada saat pengobatan. Jika perubahan ini tumor bergerak keluar dari jangkauan pengobatan yang direncanakan, kemungkinan tumor tidak dapat menerima jumlah penuh radiasi yang seharusnya atau jaringan normal dapat menerima radiasi lebih dari di iginkan. Menggunakan IGRT memungkinkan praktisi untuk memperhitungkan setiap gerakan tumor dan mengoptimalkan akurasi pengobatan.


Manfaat IGRT

  • Rasa aman dengan pemberian dosis radiasi lebih tinggi dan lebih efektif.
  • Penawaran harapan baru bagi pasien dengan jenis tumor yang sulit untuk diobati seperti yang berada di sebelah organ vital atau daerah lainnya yang sulit untuk di jangkau.
  • Membantu membatasi jumlah radiasi yang dikirimkan ke jaringan sehat di sekitar tumor tersebut karena batasnya lebih ketat dapat ditetapkan.
  • Memungkinkan dokter untuk memberikan dosis radiasi terhadap tumor karena batasnya lebih ketat.
  • Mengurangi efek samping dan meningkatkan kualitas hidup pasien.
  • Mempersingkat masa pengobatan secara keseluruhan